NIKMATNYA SATE JENGKOL DAN SUP KELADI

adsense 336x280

Menu santap siang
Jumat berkah,iya kata-kata itu sering kita dengar di hari Jumat,entah itu di status sosial media,entah secara langsung,pokoknya pasti selalu ada dua kata itu yaitu Jumat Berkah.Semoga kita senantiasa selalu dapat berkah dari yang maha kuasa Tuhan semesta Alam entah itu di hari Jumat atau di hari-hari lainnya sekalipun amin.Karena di hari Jumat juga seluruh umat Islam di dunia ini khususnya bagi para lelaki sejati pria-pria di dunia harus menunaikan ibadah Shalat Jumat.Itulah keistimewaan hari Jumat mungkin ya beda dari hari-hari lainnya.
Seperti halnya hari Jumat ini alhamdulillah gue menunaikan kewajiban gue yaitu shalat Jumat dengan lancar tanpa hambatan dan semoga di terima oleh Allah SWT amin.Nah selesai shalat Jumat alhasil perut gue lapar,kembali lagi ke perut urusan nya haha.Karena udah berisik juga ini perut seperti lagi konser di dalam perut ini,atau orang-orang biasanya bilang keroncongan,TANDA LAPARRRR hahaha.

Seakan-akan seperti spesial banget buat hari ini yaitu di hari Jumat,karena untuk pertama kalienya lagi gue makan sama lauknya itu pokoknya ini khas banget di Indonesia,bisa di jadikan lalapan bisa,di sate atau di sambal atau di semur sekalipun bisa.Penasaran bukan gue makan sama apa hari ini,yang pasti kalian gak penasaran lagi karena sudah begitu jelas terpampang di atas yaitu sesuai judulnya "Nikmatnya Sate Jengkol Dan Sup Keladi".Okelah langsung aja yuk kita bahas atau review satu persatu makanan apa saja yang gue makan hari ini cek kit broott.

Jengkol atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk suku polong-polongan. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua.Sumber Wikipedia

Talas adalah akar sayur yang bisa dimakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia dan memiliki sejarah yang kaya, dengan berbagai resep masakan yang menggunakannya. Daun dari tanaman talas juga digunakan sebagai sayuran. Manfaat umbi talas selain mudah dicerna dan daunnya merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan C.Sumber manfaat.co.id

Iya kedua makanan itu yang gue makan saat santap siang hari ini Jengkol dan Keladi beserta lauk-lauk yang lainnya nanti gue bakalan review okaayyy...
Sate Jengkol bumbu kacang
Kita ke Jengkol dulu,salah satu makanan paling nikmat mungkin ya bagi para pecinta jengkol mania di manapun berada.Meskipun si doi mempunya harum atau aroma yang khas tapi itu tidak menyurutkan mereka-mereka yang suka banget akan jengkol entah kenapa gue juga bingung.Jujur gue sendiri gak begitu terlalu suka benget sama jengkol ini apa lagi yang mentah atau biasa di lalapin,pernah makan sesekali tapi gak sampe sering banget.Nah khusus spesial di hari ini akhirnya gue makan jengkol lagi setelah sekian lama entah kapan gue makan jengkol untuk terakhir kalienya,oh iya inget waktu masih di Bogor iya gue makan jengkol yang mentah dengan sambal terasi buatan mamah itu enak banget sumpah,udah lama bangett sih itu masih inget aja gue.Kalau jengkol yang gue makan hari ini itu di masak sate dengan bumbu kacang itu enak banget gila parah men pokoknya mantappp bikin nagih pengen lagi,lagi,dan lagi.Btw kalau di masak seperti ini itu mau di sate,sambal,atau semur sekalipun aroma dari khas nya jengkol itu agak berkurang guys bahkan bisa gak tercium lah,lain halnya dengan kita memakan langsung secara mentah,hmmmmm tau sendirilah aromanya kaya gimana haahhaha.😅😅

Sup Keladi atau Talas

Selesai dari jengkol kita beralih ke si Keladi atau Talas,masyarakat sini biasa menyebutnya keladi,atau kalau di Bogor itu talas namanya.Entahlah mau keladi atau talas pokoknya itulah keduanya sama cuma berbeda nama dan penyebutannya saja.Dan uniknya bahkan bisa di bilang aneh menurut gue,setau gue talas itu biasanya ya di kukus atau di bikin kue.Lain dengan di sini talas/keladi itu di jadikan teman makan nasi atau lauk yaitu di masak di olah menjadi semangkuk sup hangat nan lezat.Jujur menurut gue aneh sih,talas men gila di bikin sup apa mungkin gue aja yang belum terbiasa kalie ya karena di Bogor itu gak ada talas di jadikan sup.Karena sup talas atau keladi cuma bisa gue temuin di masyarakat Melayu Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Mempawah ini kereeennnn gak tu kreatif dan inofatif banget ya orang sini,talas bisa di kreasikan sedemikian rupa.Kalau di Bogor punya Lapis Talas Bogor Sangkuriang,kalau di Mempawah punya Sup Keladi atau Talas khas cita rasa Melayu.
Selain kedua makanan tersebut ada teman-teman yang lainnya juga ni,seperti ada ikan Etem,biasa di Bogor itu menyebutnya ikan etem,dan ada pula ikan asin Japuh atau masyarakat sini biasa menyebutnya ikan Tamban.Kedua ikan tersebutlah yang melengkapi santap siang gue kalie ini,paket lengkap dah ada jengkol,sup keladi,ikan etem atau ikan asin japuh haduuhh nikmat pokoknya.Sama satu lagi yang gak boleh kelewatan saat ritual makan ini wajib hukumnya yaitu Sambal,iya sambal menjadi penyempurna paripurna saat kita makan.Karena secara sadar atau tidak sadar sambal itu bisa menjadi penambah nafsu makan kita loh guys,apa lagi kalau kita di posisi lapar yang bener-bener lapar haduuuhh nasi panas ya kan mulut seuhahhh kalau kata orang sunda mah kebayang deh gimana rasanya haha.
kerupuk Renginang Ketan

Kerupuk Gendar Nasi

Di samping semua itu ada satu lagi nih spesial banget buat hari ini ada dua jenis kerupuk sekali gus yaitu kerupuk Ranginang ketan dan kerupuk Gendar,dengan cita rasa gurih dan garing itu enak banget sumpah apa lagi di cocol pake sambal haduuuhhh nikmat kacida pokoknya,kriuk-kiruk pedas gimana gitu haduuuhhh gue nulis ini sambil ngiler jujur ngebayangin men hehe,dari pada ngebayangin mantan mending ngebayain makanan iya gak haha,ngomong apaan sih kok jadi ngawur gini.😆😆😆😆
Makan-makan Haha...

Oke itulah santap siang gue kalie ini di hari ini tepatnya hari Jumat,kenikmatan yang tiada tara meskipun menunya begitu sederhana tapi bisa membuat santap siang kalie ini bisa di bilang istimewa banget bahkan spesial deh pokoknya mungkin karena ada si doi kalie ya"Jengkol" hahahah.Oohh....terimakasih sudah menemani santap siang gue kalie ini.Sampai Ketemu di cerita gue selanjutnya ya guys,terimakasih.....😎😎🙏🙏🙏🙏
adsense 336x280

0 Response to "NIKMATNYA SATE JENGKOL DAN SUP KELADI"

Featured Post (Slider)

Featured Post

NIKMATNYA SATE JENGKOL DAN SUP KELADI

Menu santap siang Jumat berkah,iya kata-kata itu sering kita dengar di hari Jumat,entah itu di status sosial media,entah secara lang...

Search This Blog

Blogger Gusvie Bgr

Comments

Horizontal

Vertical1

Featured Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Featured
Most Popular

Contact us

About

Featured

Contact Form

Name

Email *

Message *

Header ads

Header ads

Gallery

Top reviews

Entertainment

Travel

Top 10 Articles

Videos