Monday, 21 May 2018

ISTANA ATAU KERATON AMANTUBILLAH MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT

Amantubillah meruapakan istana dari kerajaan Mempawah,mempunyai arti,aku beriman kepada Allah.Istana yang di dominasi warna hijau ini menempatkan tulisan "Mempawah Harus Maju,Malu Dengan Adat" pada pintu gerbang istana.Kompleks Istana Amantubillah berdiri kukuh di desa Pulau Pedalaman,Kecamatan Mempawah Timur,Kabupaten Mempawah,Provinsi Kalimantan Barat,Indonesia.
Sedikit info aja ya guys biar makin tau makin banyak ilmu semoga bermanfaat bagi kita semua amin....
CERITANYA CUCURAK DAN MAKAN DI SEKITARAN ISTANA MENJADI PILIHAN
Menulis adalah sebuah keharusan sedikit kutipan yang gue baca di salah satu Bio di akun Instagram sorry gue gak bisa sebutin akun nya.
Ternyata emang benar kutipan tersebut dan ini sangat di rasakan banget bagi gue pribadi,tapi gak tau ya kalau orang lain mah.Dan mengunjungi sebuah tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya itu adalah pengalaman yang mungkin bisa menambah wawasan gue pribadi mengetahui hal-hal baru semakin tau semakin banyak ilmu yang pastinya bermanfaat bagi gue dan kalian pembaca semua.Seperti perjalanan gue kalie ini di Kota Mempawah kota yang begitu masih muda,dan masih berjuang untuk menjadi kota-kota terdepan termaju dan menjadi teladan bagi kota-kota lainnya yang ada di Kalimant Barat ini.
Oke kalian mau tau kemana aja gue selama di Mempawah waktu minggu kemarin sehari sebelum puasa iya ceritanya mah cucurak kalau kata orang sunda mah.
Minggu kemarin tuh kalau gak salah
BREAK SEJENAK ADA KIT KAT iklan....haha gak break sejenak ada kerjaan gue bentar doang lagi enak-enak nulis ada aja yang ganggu,asal jangan ganggu hati aja jiaahhahaha...curcol.

Kembali lagi ke cerita atau pengalaman gue di Mempawah ini pada hari Rabu kemarin lah lebih tepatnya sebelum Puasa orang sunda bilang Munggahan.Gue on the way dari rumah sekitar jam 8 pagi selesai ngasih makan burung dan seperti biasa gue berdua sama bosku my brother.Tujuan utama sih emang bukan ke Amantubillah ya tapi ke Kantor Dinas Pertanian,Ketahanan Pangan,Dan Perikanan untuk membuat surat rekomendasi gitu,sampe ke kantor waktu itu sekitar 08.45 gue nunggu di parkiran lumayan lama juga ada satu jam an lah gue nunggu bahkan lebih tapi gpp kan sama bosku ini hehe iye gak.
Nah sehabis dari Kantor langsung menuju Pasar karena mau ada yang di beli,sebelum belanja karena perut udah teriak-teriak.Namun naas tempat yang kita mau makan itu udah habis ludes terjual,oohhh iya berhubung masih pagi menjelang siang jadi yang kita cari itu adalah semangkok bubur ayam itu aja sih cuma ya udah habis.
Next langsung belanja keperluan dapur seperti sayuran telor dan lain sebaginya,makan belum nih dan kakak gue ngajakin makan di sekitaran Istana atau keraton.Dan di situ gue seneng banget karena ini bakalan menjadi perjalan spesial gue selama di Mempawah ini,karena tau apa gue liat keraton itu cuma lewat IG banyak yang memposting istana dan akhirnya gue bisa melihat lebih dekat meskipun gak masuk ya tapi senang banget sih sumpah bisa mengabadikan istananya ya meskipun cuma dari luar gak sempet masuknya dan gak tau di sana itu gak ada yang jaga maslahnya demi kenyamanan.
Selesai foto-foto kita pun langsung menagih janji yang tadi pagi buat si perut kasian merengek terussss...pengen makan.
Dan kita pun makan di Kantin Bestari kalau gak salah waktu itu,gue pesan kwetiau goreng,dan kakak gue pesan nasi goreng.Gak lama makanannya pun datang dan kita pun langsung makan karena udah lapar banget hehe...
Kita ngomongin soal rasa,kalau rasa sih menurut gue lumayan lah bisa di bilang enak cocok banget sama lidah-lidah orang Indonesia.

Dan kalau ngomongim soal tempat di sini recomand  banget buat buda-buda mempawah yang suka nongki-nongki kumpul-kumpul bareng teman pokoknya tempatnya nyaman banget sumpah.
Selesai makan kita pun langsung on the way pulang menuju rumah.Sungguh pengalaman yang gak bisa di lupakan seumur hidup gue dan ini menjadi kenang-kenangan gue selagi masih di Kalbar karena dalam waktu dekat gue akan balik ke Bogor doain ya guys haha..
Itulah pengalaman gue selama di Mempawah lebih tepatnya di Istana Amantubilllah senang rasanya bisa melihat secara dekat dan kedepan nya semoga bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah gue kunjungi sebelumnya.

Saturday, 19 May 2018

WISATA KULINER SUNGAI PINYUH KABUPATEN MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT

BAKSO BLORA MENJADI PILIHAN UTAMA
Jl.Raya Seliung,Sungai Pinyuh,MempawahKalimantan Barat
Oke perjalanan gue kalie ini beda banget kita ngomongin makanan,hah makanan emang mau jadi food blogger,gak lah ya sekali-sekali ada sesuatu yang baru gak ada salah nya gue ceritakan biar bisa di kenang di masa-masa yang akan datang jiaaahhhhh...
Tujuan utama sih emang bukan mau makan Bakso Blora ya,tapi mau ke apotek Medika kalau gak salah namanya itu di Sungai Pinyuh,nah itu tujuan utama nya mau beli obat,iyelah beli obat masa iya ke apotek beli paku hahaha.....becanda mulu biar gak tegang dan jangan terlalu serius nanti cepat tua kata orang-orang bukan kata bapak sama emak gue ya wkwkw..
Langsung aja waktu jam 19.30 lepas Isya kita langsung on the way ke Pinyuh,oh iya gue berdua di sini bisalah kalian juga tau sama siapa lagi kalau bukan sama bosku my brother.Sampai Pinyuh langsung ke Apotek dan dari Apotek langsung ke ATM buat cek pencairan dana haha gaya lagi,gak lah gue mau belajar transfer ke No Rek BANK lain soalnya kan pake kode gitu kan kalian juga pasti tau.Menyedihkan banget 2018 bro belum bisa atau belum ngerti cara transfer ke BANK lain woy melek woy melek ngapah hari gini,hehe iya wajarlah gue bukan termasuk orang yang selalu intens atau sering ke ATM,jarang-jarang lah gue kalau ke ATM itu kalau ada perlu aja.
Nah habis dari ATM lanjut ke lokasi berikutnya yaitu ke Salon karena bosku pengen cukuran rambutnya untuk menyambut bulan suci Ramadhan,gak lama gue nunggu sekitar 15 menit langsung ke lokasi terakhir yaitu...BAKSO BLORA tepuk tangan yang meriah pemirsa hahaha...
Kenapa Bakso Blora pasti begitu??
Ini sih pilihan bosku ya,kalau gue sih jujur belum pernah makan Bakso Blora ini dan baru tau malahan,inilah yang jadi rasa penasaran gue untuk mencicipi Bakso Blora ini.
Gak usah nunggu lama-lama langsung pesan aja,hah langsung pesan gila cepat banget,iyelah cepat orang kios nya masih sederetan salon haha jelas cepat cuma terhalang beberapa toko aja.Gue pesana kaya biasa bakso campur lengkap lah,kalau bosku dia cuma pesan bakso sama sayuran aja katanya.

Yesss gak lama akrinya Bakso nya datang gak nyampe 10 menit langsung datang,di liat dari tampilan sih lumayan lah ya satu porsi nya itu banyak banget dari mulai bihun,kwetiau,mie,sawi,tahu,dan tentunya Bakso,dan sarunya lagi kalau makan bakso di Kalbar itu pasti selalu ada JERUK LIMO.Aneh ya aneh kan mungkin di jawa gak bakalan nemuin hal yang kaya begini sekali punya nemu itu pasti bukan bakso melainkan Soto itu udah pasti pakai jeruk.Tapi di sini lain cerita lain daerah lain adat kalie ya inilah serunya kulineran di kota atau daerah-daerah di Indonesia pasti kita bakalan menemukan sesuatu yang baru dan bahkan bisa di bilang aneh bagi kita.Dan ada satu lagi ke unikan makan Bakso di sini pasti setiap toko/kios/penjual bakso pasti selalu menyediakan nasi putih,Jiaaaaah Indonesia banget ya belum makan kalau gak makan nasi,tapi kalau menurut gue sih gak banget ya kita makan bakso satu porsi aja itu udah kenyang banget sumber karbo udah di dapat dari mie-mie dan dan lain sebaginya ini di tambah nasi haduuuuhh...
Oke kita ngomongin soal rasa,asal jangan ngomongin rasa yang pernah ada aja ya hahah curhat.Gak tau kenapa apa ini cuma gue doang atau kalian pun pernah mengalami nya setiap kalie makan bakso pasti yang petama di cicip itu kuahnya
haha iya gak pasti dah kalian juga begitu hayooo ngaku aja iya kannn...
Emmmm.....rasaya biasa ya kaya bakso-bakso kebanyakan ya rasa kuah bakso,yaiya lah rasa kuah bakso masa iya rasa kuah Soto hmmm yang ada aja.Ya habis nya gimana lidah gue itu gak bisa di bohongin jujur bakso di sini itu masih tertinggal jauh sama bakso-bakso yang ada di Jawa tepatnya Bogor,mungkin bagi orang sini bakso di sini enak-enak aja kalie ya karena lidah mereka kan udah terbiasa dengan rasa seperti ini.Gue sih gak bilang baksonya gak enak cuma kalau rasa kuahnya untuk penilaian mungkin dari 10 sampai 100 itu untuk kuah nya gue kasih nilai 60 standar lah ya.Kalau untuk bakso nya bakso yang kecil-kecilnya sih enak cuma bakso besarnya itu dagingnya itu kaya kurang gitu jadi kita kaya makan bakso tepung aja gitu itu sih yang gue rasain mendingan jujur ya kalau soal rasa mah karena kan setiap orang itu berbeda-beda dan lidah orang juga pasti beda-beda.Kalau untuk bakso nya gue kasih nilai 70 aja karena lumayan lah rasanya.

Yang terakhir adalah tempat nya kita review sedikit jadi menurut gue ini recomend banget buat para anak-anak muda sini,atau orang sini bilang nya Buda-buda karena apa tempat nya lumayan buat berdiskusi kumpul-kumpul bareng teman lumayan lah bersih sedap di pandang,pokonya kalau soal tempat nya juara dah aksesnya pun di tepi jalan ya sangat memudahkan para pecinta bakso untuk menikmati cita rasa Bakso Blora.Oke gue kasih nilat untuk tempat nya horeeeee gue kasih 90 tepuk tangan dong prok-prok haha tepuk tangan sendiri.
Oke cukup sekian untuk wisata kulineran gue di Pinyuh kalie ini,sampai ketemu di cerita gue selajutnya stay positive guys..

Saturday, 12 May 2018

KELILING KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT


Kota Pontianak adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat,Indonesia.Kota ini di kenal sebagai Kota Khatulistiwa karena di lalui garis Khatulistiwa.
Perjalanan spesial gue kalie ini adalah keliling Kota Pontianak,hahh Pontianak bukan setiap ada kerjaan selalu ke Pontianak kenapa di bilang spesial??harusnya perjalanan biasa aja ya kan.
Kenapa di bilang spesial karena ini perjalanan yang sangat beda banget dari yang lain nya,memang sih ada kerjaan juga tapi bukan itu tujuan utamanya untuk kalie ini.Kalau tujuan utamanya pekerjaan tidak mungkin gue menuliskan judul seperti itu,karena kalau hanya pekerjaan jalur yang gue lalui itu hanya jalur-jalur utama di Kota Pontianak ibarat kata cuma numpang lewat gitu aja.Makanya ini jadi perjalanan yang sangat beda banget bagi gue kalie ini.
Di mulai dari rumah jam menunjukan pukul 02.00 wow masih pagi memang iya karena tujuan utama nya sih bukan keliling ya,tapi gue itu ada janji sama Taxi Pontianak karena ada titipan Burung gitu sekitar jam 6 pagi dan yang ke dua adalah mencari obat untuk kakak ipar gue yang lagi sakit karena nyari di sekitaran sini gak ada di Kota Mempawah pun gak ada.Ya satu-satunya harus ke Pontianak dan kebetulan ada sekalian ambil ulat juga ujung-ujunganya pekerjaan juga hehe bukan pure jalan-jalan atau traveling,tapi ya jalan-jalan tapi menghasilkan haha ibaratnya gitu.
Selang 30 menit lepas dari rumah entah di jalan apa dan daerah mana gue lupa lagi tiba-tiba di saat mobil yang kakak gue bawa mau mendahului mobil di depan nya,waktu itu mobil tangki gitu lah,dari arah berlawanan ada motor dengan dua penumpang tiba-tiba langsung melempar sesuatu ke kaca mobil kita,untungnya aja bukan benda keras ya jadi gak pecah sedikit pun cuma kaget nya sumpah tengah malam atau dini hari lo lagi berkendara di jalanan tiba-tiba ada yang ngelempar kan kaget ya.Mudah-mudahan jangan samapi terjadi pada kalian ya guys.

Oke gue ke Gajah mada ngapain sih mau ngopi,karena di situ tempatnya kopi-kopi sayang banget gue tidak mengabadikan foto nya.Seperti yang utama tadi kita ke situ mau cari Apotek yang masih buka,dan ternyata susah banget guys nyari Apotek yang masih buka sampe satu jam kita keliling denga menggunakan bantuan GOOGLE MAPS sampe-sampe ke Kota Baru-Ayani Mega Mall terus ke jl Tanjung Pura next ke Pasar Flamboyan-Johar-Taman Alun Kapuas dll masih banyak pokoknya kita benar-benar keliling dan akhirnya nemu 1/2 Apotek dab ternyata yang kita cari-cari iti barangnya kosong.Pencarian pun di hentikan karena kita ada janji juga sama taxi.
Dan langsung menuju ke lokasi yaitu di Terminal Antar Negara
Sampai di Pontianak itu sekitar jam 03.15 langsung ke arah kota,untuk pertama kalie nya saya mengunjungi Gajah Mada Pontianak tau sendiri lah Gajah Mada terkenal banget itu adalah tempat tongkrongan nya Buda-buda Pontianak.Bahkan ada yang bilang belum sah ke Pontianak tapi gak nongkrong di Gajah Mada nya gitu katanya.
Jl.Trans Kalimantan sui Ambawang kuala,Sungai Ambawang,Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat 78393
Kita menunggu di situ lebih tepatnya sih di depan Borneo Business Icon kita menunggu gak lama sekitar 90 menit menunggu Taxi pun datang juga kita langsung cabut menunu Kota melanjutkan pencarian yaitu obat haha. Oh iya tidak lupa gue juga mengabadikan Borneo Business Icon soalnya cantik banget banyak spot-spot selpie.Langsung kita menuju Sungai Raya yaitu mau ngambil ulat di Bos Ati tidak lama cuma 30 menit ulat pun udah di mobil langsung menuju Kota. Sampai nya di Kota tepatnya di jl Tanjung Pura kalau gak salah waktu itu akhirnya nemu juga Apotek nya dan alhamdulillah obatnya ada.
Perjalanan belum selesai kita pun langsung menuju ke
Kampus STIE INDONESIA Dan ASMI
Jl Imam Bonjol No 82-88 Benua Melayu darat,Pontianak Selatan,Kota Pontianak Kalimantan Barat.
Di karena kan mau mengkonfirmasi soal SPP nya Kris yaitu adik dari kakak ipar gue itu dan ternyata memang ada SPP hehe kita memastikan aja haha nama juga konfimasi.
Dan dari kampus baru dah langsung pulang karena waktu udah menujukan pukul 09.15 udah mau hampir setangah 10 kasian juga burung dan ulat nya kepanasan di mobil meskipun udah nyalain ace full tapi tetap aja kasian ya kan.
10.30 gue tiba di rumah dan alhamdulillah perjalanan yang sangat mengesankan,menyenangkan,seru,ngantuk,dan capek pasti ya,tapi rasa capek itu seakan hilang begitu aja karena saya untuk petama kalienya benar-benar ke Kota haha tapi seru deh pokoknya gak bakalan bisa di lupain dan semoga bisa mengunjungi Kota Pontianak lagi di Lain waktu.
Cukup sekian guys perjalanan saya di Kota Pontianak keliling benar-benar ini mah,sampai ketemu di cerita gue selanjutnya,cintai alam sekitarmu
I Love Indonesia....

Friday, 11 May 2018

CARGO BANDARA SUPADIO KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT


Arang Limbung,Sungai Raya,Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat 78391

Entah berapa minggu,mungkin satu minggu yang lalu lebih dikit seperti biasa perjalanan saya kalie ini mengenai pekerjaan yaitu ke Bandara Supadio Kalimantan Barat.Dalam satu minggu itu gue bisa dua kalie ke Bandara bahkan lebih kalau di saat ramai,kalau sepi ya mungkin kurang cuma satu kalie aja ke Bandara.
Oke seperti biasa saya on the way dari rumah sekitar jam 03.00 kalau udah selesai,kadang 03.30 baru on the way tergantung selesai packing nya.Kebetulan waktu kemarin itu kita selesai lebih awal,jadi dalam perjalanan pun santai karena waktu masih awal kan,cuma kalau udah kepepet waktu nih siap-siap aja deh selalu istigfar di perjalanan kita kan gak tau ya yg nama kecelakaan maut apapun itu hanya sang pencipta yang tau dan hanya dia yang menggenggam penuh kehidupan ini.
Waktu menunjukan 04.55 posisi masih di Ayani Mega Mall Pontianak,baru dah di situ tancap gas mulai ngebut.Se sampai nya di Bandara sekitar jam 05.10 cepet juga kan dari Mega Mall ke Banara kan lumayan jauh.Sebenarnya di Bandara nya itu tidak memakan waktu lama paling cuma 5 menit,barang udah masuk kita pun langsung cabut kembali ke rumah.
Senang nya lagi pada waktu itu gak ada jadwal ngambil ulat so otomatis langsung tancap gas menuju rumah,karena di rumah pekerjaan pun sedang menunggu.
Di perjalanan kita pun singgah/mampir di Peniti di toko Burung miliknya Pak Pardi,buat sekedar ngopi dan istirahat sejenak sambil ngobrol.Next perjalanan pun kita lanjutkan menuju Pinyuh karena kita belum makan jadi singgah dulu di RM Padang Cahaya Minang,letak nya di jl jurusan Mempawah.
Iya itulah kebiasaan gue setiap kalie ke Bandara pasti seperti itu terus,dan gak pernah berubah,mungkin ya lokasi tempat makan selalu berubah kadang-kadang karena kan namanya manusia punya rasa bosan jadi wajar kalau tempat makan kita gak di situ-situ aja.
Oke itulah sedikit cerita gue pengalaman gue mengenai perjalanan ke Cargo Bandara Supadio Kubu Raya Kalimantan Barat,sampai ketemu di kisah atau cetita gue selanjutnya,jangan pernah berhenti untuk yang namanya belajar itu pesan gue.