Kicau Burung

adsense 336x280

Hello kembali lagi nih sama gue Agus,apa kabar kalian semua semoga baik-baik aja ya dan selalu sehat pastinya.Kalie ini mau sedikit bercerita tentang perjalan hidup sesuatu,kenapa gue bilang sesuatu karena ini bukan manusia melainkan salah satu hewan unggas yang pastinya kalian pernah melihat dan bahkan ada di sekitar kita,yaitu burung.
Mengenai soal burung kan burung itu banyak banget kan ya jenis nya,dan sekrng gue mau bercerita sekali gus shareing lah ya pengetahuan gue tentang burung.Jujur gue bukan pencinta or hoby burung gue gak begitu suka istilahnya sama burung,biasa2 aja gitu gak tau knp emang gue gak suka kalie ya.
Oke lah gak perlu ngalor kidul kita langsung aja,burung yang mau gue ceritain atau gue angkat di blog ini adalah burung Kacer.Kacer adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya di kelompokan sebagai anggota keluarga turdidae (murai),itu sih yang gue tau, burung ini banyak di temukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara.Di Indonesia sendiri burung ini sudah terbilang langka karena penangkapan besar-besaran untuk peliaharaan dan lain sebagainya.
Berbiacara tentang Kacer gue sendiri sempat terheran-heran gitu,kenapa gue heran kerena gue menyaksikan langsung atau melihat dan bahkan gue terjun di situ langsung,oohh iya sedikit share jadi gue itu kerja di salah satu penangkaran burung yang ada di Kalimantan Barat tepatnya Daerah Mempawah Kabupaten.
So gue tau lah mengenai burung ini itu tapi belum banyak sih baru sedikit-sedikit,nah mengenai burung Kacer ini gue sempet bertanya dalam hati ini kok di tangkapin terus jujur gue kahwatir akan keberadaan kacer ini di alam bebasnya,itu sih yang terbesit dalam hati gue.
Nah mengenai Kacer ini gue bakalan ceritain semuanya dari mulai pertama dia datang ketempat gue ya kan sampe ke jakarta terus ke penjual-penjual kecil lat say eceran terus sampai lah ke rumah-rumah penghoby burung kicau yang suka di pajang depan rumah tuh kalian pasti udah pernah liat lah soalnya ini gak asing banget bagi kita semua.Oke sekarang gue susun satu persatu mengenai perjalanan Kacer ini,jiaaaahh perjalanan udah kaya apa aja haha 😅😅

1.KEDATANGAN
Ini gak lama waktu kemarin lah tanggal 31 Aguatus 2017 masih baru kan,nah datang tuh burung-burung Kacer sama Murai tp kalie ini gue bahas Kacer ya tercatat waktu itu jam 15:30,ngaretttt banget bilang nya jam 1 siang sudah sampai tapi kenyatannya sore baru turun,langsung lah di bongkar tuh burung-burung,tapi gak di bongkar gitu aja bro semuanya ada proses jadi burung itu kaya masuk seleksi gitu bro,kalau di sini sih bilang nya di sortirlah untuk memisahkan mana yang jantan,betina,anak,sama yang kurus/sakit,nah mengenai semua itu di bagi sebagai berikut:
•Kacer A (jantan mulus)
•Kacer B (jantan tanpa ekor)
•Trotol A (kacer anak mulus)
•Trotol B (kacer anak tanpa ekor)
•Trotol CW (kacer anak cw)
•Cw Tua (kacer cw/betina)
•Kurus (kurus/sakit)
Untuk kandangnya tersendiri udah di pisah sesuai dengan bagian-bagiannya di atas itu, jadi gak di gabung semua ada tempatnya masing-masing.Burung aja begitu iya kan kita manusia apa kabar haha 😅😅.
2.NGINAP/TRANSIT
Jiaaahh keren nih kata-katanya nginap/transit udah kaya bukan burung aja,tapi emang kenyataannya begitu sih kacer ini biasa ya kan nginap satu malam,.Ke esokan hari biasa ada jadwal makan nya juga,makan pagi sama air minum,sore juga dapat makan lagi,eeiitttss ini makannan nya beda ya jelas lah merek burung makannya ulet.
3.NGEPACK/PACKING
Ngomongin soal packing ini yang di packing apaan nih,pasti semua nanya gitu kita kan lagi ngomongin burung,yoi bro yang kita packing itu adalah burung soalnya burung yang baru nginep semalem itu harus melakukan perjalan kembali ke Jakarta tepatnya Pasar Burung Pramuka pasti kalian tau lah,di mana itu yappppzzz di Rawamangun Jakarta Timur.Burung ini keren loh bro mereka menggunakan pesawat gila mereka kan bisa terbang ya eekkhh mereka pakai pesawat juga,yang pastinya bukan pesawat penumpang ya melainkan Cargo menuju bandara Internasional Soekarno Hatta Tanggerang Banten.
4.SELEKSI
Nah sesampainya di Pramuka burung ini gak gitu aja langsung masuk kandang,mereka di seleksi lagi atau di sortirlah mana yang bagus mana yang enggaknya,gila ya ini burung kaya mau ikutan audisi aja haha 😅😅,next datang lah penjual-penjual kecil/eceran gitu soalnya kan pramuka bisa di bilang grosirnya burung-burung kicau Indonesia.
5.TOKO-TOKO PENJUAL BURUNG
Yessssss akhrinya mereka betengger di sangkar-sangkar cantik nan gagah iya kan biasanya begitu di toko-toko burung suka di pajang iya kan buat menarik pelanggan biar datang ke toko tersebut.Satu ekorlah di beli sama salah satu pencinta burung dan di bawanya ke rumah,dan yang pasti di gantung di depan rumah iya kan yang gue liat sih seperti itu,oh iya tips buat kalian yang baru beli burung di salah satu toko di mana pun itu
-bersihkan kaki, paruh, dan bulu burung tersebut dengan air bersih
-sipakanlah sangkar yang bersih pula beserta makanan dan minumnya
-mengenai makanan siapkanlah dua jenis makan yaitu ulat sama pur di tempat yang terpisah,itu buat ngelatih si burungnya biar gak makan ulat terus,masa burung peliharaan makan nya ulat 🙊🙊
-tutuplah sangkar burung tersebut dengan kain biar si burung tersebut merasa tenang dan biar gak setres itu sekali gus belajar beradaptasi dengan daerah tersebut.
Mungkin itu aja tips-tipsnya itu juga uyuhan yahhh gak ada salah nya kita berbagi ilmu sedikit juga semoga bermanfaat buat kalian semua.



Dan mungkin itulah sekilas perjalan burung Kacer,yang gue tau sih itu because gue bukan pencinta burung sejati gue hanya seorang karyawan di salah satu penangkaran burung cuma itu,sekian mohon maaf bila ada salah dalam menulis dan bertutur kata,namanya manusia tidak pernah luput dari yang namanya salah.So buat kalian yang mampir di blog pribadi gue selamat membaca ya mohon maaf blognya masih jelek hehe namanya juga baru belajar ngeblog,jadi mohon di mak'lum ya guys 😊😊😅😅
TERIMAKASIH...


adsense 336x280

0 Response to "Kicau Burung"

Featured Post (Slider)

Featured Post

NIKMATNYA SATE JENGKOL DAN SUP KELADI

Menu santap siang Jumat berkah,iya kata-kata itu sering kita dengar di hari Jumat,entah itu di status sosial media,entah secara lang...

Search This Blog

Blogger Gusvie Bgr

Comments

Horizontal

Vertical1

Featured Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Featured
Most Popular

Contact us

About

Featured

Contact Form

Name

Email *

Message *

Header ads

Header ads

Gallery

Top reviews

Entertainment

Travel

Top 10 Articles

Videos